Tips Service Kulkas yang Bagus dan Memuaskan

Di era yang serba modern ini tentu kata kulkas bukanlah sesuatu hal yang asing lagi di telinga. Hampir setiap rumah memiliki kulkas. Namun, terkadang jika sudah digunakan lama terkadang ada beberapa masalah yang mengharuskan anda mengundang tukang jasa service kulkas.



Fungsi kulkas dalam kehidupan sehari – hari adalah sebagai berikut:
 
1.   Membantu menjaga makanan agar tetap segar

2.   Membantu untuk mengolah makanan

3.   Anda dapat memanfaatkannya untuk membuat es batu
 
4.   Kulkas terdapat ruang penyimpanan yang kering

5.  Dapat digunakan untuk menyimpan stok bahan makanan sehingga anda akan menghemat waktu untuk belanja

6.   Kulkas telah didesain sedemikian rupa sehingga dapat digunakan untuk menyimpan barang – barang seperti telur, botol minuman, es batu, dan lain – lain.  

Detail Layanan Service

Berikut ini merupakan jenis – jenis layanan jasa service kulkas beserta rinciannya:

1.   Pengecekan 

Saat kulkas anda tidak dapat menjalankan fungsinya secara normal seperti biasanya maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengecek bagian kulkas. Hal ini bertujuan untuk mencari penyebab dan sumber kerusakan kulkas anda. 

Berikut ini adalah beberapa cara pengecekan kulkas, ternyata caranya berbeda – beda, yaitu tergantung pada jenis kerusakannya. Selain itu, apabila kulkas anda mati maka anda harus mengecek colokan listrik untuk mengetahui bagian yang rusak agar dapat diperbarui.

Saat kulkas sudah tidak dingin lagi maka anda cek bagian pengaturan suhu, aliran udara pada kulkas dan panas kulkas.  Anda juga disarankan untuk mengecek bagian kabel karena bisa jadi ada kabel yang terputus serta mengecek apakah ada kerusakan atau tidak pada AC di dalam kulkas anda. 

Semua biaya pengecekan akan dibebankan kepada anda ketika anda tidak menggunakan jasa service lainnya. Namun, apabila anda menggunakan jasa service lainnya maka biaya pengecekan akan digratiskan. 

2.   Reparasi kulkas untuk mengganti Spare part

Berikut ini adalah beberapa penyebab kerusakan pada kulkas adalah komponen kulkas rusak atau umur kulkas anda sudah tua. Apabila kerusakan terjadi pada komponennya maka anda harus mengganti spare part kulkas anda. 

Contoh spare part yang umum dikenal dan sering rusak pada kulkas antara lain adalah timer, thermo-fuse, fan-motor, kompresor dan lain – lain. Spare part tersebut harganya sangat bervariasi dari Rp. 50.000,00 hingga Rp. 600.000,00. 

Spare part pada kulkas ternyata memiliki banyak variasi. Ada beberapa spare part yang dapat digunakan untuk semua jenis kulkas, namun ada beberapa spare part yang khusus hanya digunakan untuk beberapa merek kulkas saja.  

3.   Ganti filter, pentil, isi freon dan flushing

Pada kulkas terdapat alat yang disebut filter. Filter memiliki fungsi sebagai penyaring udara dengan dilengkapi saringan karbon aktif. Filter juga dapat membantu menghilangkan bau tidak enak sehingga makanan yang anda simpan tetap terjaga kualitasnya. 

Oleh karena itu, apabila bagian filter rusak maka akan menyebabkan filter tidak berfungsi optimal dan kulkas anda tidak dingin lagi.  

Pentil merupakan alat yang memiliki fungsi sebagai sarana untuk membantu memasukkan freon. Freon ini juga berfungsi untuk membantu menstabilkan suhu pada kulkas sehingga akan tetap dingin. 

Flushing berfungsi untuk membersihkan kotoran pada pipa freon. Hal ini dikarenakan kulkas anda mengalami kebocoran sehingga perlu dilakukan fushing.  

4.   Las kebocoran

Saat kulkas anda mengalami kebocoran maka barang – barang yang anda simpan di kulkas tidak dapat dibekukan. Penyebabnya adalah karena anda menggunakan  benda tajam untuk membersihkan kulkas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Teras Media. All rights reserved. Template by CB