Cara-cara Menggunakan Lem Pipa


Bagi Anda yang ingin menggunakan lem pipa, sebaiknya Anda harus mengetahui terlebih dahulu cara untuk menggunakan nya. Hal ini bertujuan untuk menghindari kemungkinan buruk yang tidak diinginkan, atau upaya Anda untuk merekatkan lem pada pipa-pipa tidak membuahkan hasil karena pemasangan nya yang tidak tepat. 
 


Cara-cara Menggunakan Lem Isarplas untuk Pipa

Berikut ini beberapa cara atau petunjuk penggunaan dari lem Isarplas:

1.    Ampelas dan bersihkan pipa

Cara pertama yang harus Anda lakukan ketika ingin menggunakan lem untuk merekatkan pipa adalah mengampelas dan juga membersihkan pipa yang akan di lem atau di sambung. Pipa yang bersih tentu nya akan memudahkan lem dan pipa cepat menyatu. 

2.    Oleskan lem Isarplas

Setelah pipa di amplas dan dibersihkan, Anda sudah dapat memulai untuk mengoleskan lem Isarplas pada pipa- pipa yang akan di lem

3.    Sambungkan pipa

Anda harus menyambungkan pipa-pipa tersebut dalam keadaan lem yang masih basah, karena apabila  lem pipa sudah nya basah tentu akan sulit untuk menyatu atau merekat. 

            4.   Tutup rapat lem Isarplas

Jika Anda telah selesai menggunakan lem ini untuk merekatkan pipa, akan lebih baik jika Anda langsung menutup kembali lem nya agar tidak kering, sehingga Anda dapat menggunakan nya kembali di kemudian hari. 

            5.   Tunggu hingga 2 jam 

Setelah Anda merekatkan pipa dengan lem, Anda harus menunggu sekitar 2 jam hingga lem nya kering. Setelah itu, pipa-pipa Anda akan digunakan kembali untuk saluran air bahkan dapat menahan tekanan hingga diatas 400 psi. 

Tips Menyambung Pipa PVC ketika Instalasi Air

Setelah Anda mengetahui petunjuk penggunaan lem untuk pipa khusus nya lem Isarplas, berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menyambung pipa ketika instalasi air:

1.    Terlebih dahulu Anda harus menyiapkan peralatan yang dibutuhkan, seperti pipa PVC, lem untuk pipa, sambungan pipa, ampelas serta kain bersih 

2.  Kemudian ujung pipa yang akan disambung Anda ampelas, hal ini bertujuan agar kotoran, debu dan minyak yang ada di pipa dapat hilang. Sementara itu, proses ampelas disini bertujuan untuk membuat ujung pompa nya lebih kasar dan kesat ketika disambungkan, namun jangan di ampelas terlalu lama agar ukuran pipa nya tidak mengecil

3.  Jangan lupa untuk mengeringkan ujung pipa dan bagian dalam nya dengan lap yang bersih agar debu yang muncul ketika proses ampelas menjadi hilang dan bersih

4.  Setelah itu, Anda bisa mengoleskan lem pada ujung pipa yang akan Anda sambungkan. Selain itu, oleskan juga lem pada bagian dalam dari sambungan pipa. Kemudian Anda harus segera merekatkan kedua pipa dengan menekan nya ke dalam sekuat mungkin agar sambungan pipa nya benar-benar masuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Teras Media. All rights reserved. Template by CB